Launching dan Sosialisasi Gerakan Terpadu Menuju Nol Temuan (Gardu Mente)

Foto untuk : Launching dan Sosialisasi Gerakan Terpadu Menuju Nol Temuan (Gardu Mente)
Share

Giri Menang, 25 November 2020 – Setelah cukup lama dipersiapkan, Bupati Kabupaten Lombok Barat (Kab. Lobar) H. Fauzan Khalid didampingi Assisten I Setda Lobar H. Agus Gunawan dan Inspektur Inspektorat Kab. Lobar H. Ilham melaunching dan mensosialisasikan Gerakan Terpadu Menuju Nol Temuan atau yang disingkat Gardu Mente.

Launching sekaligus sosialisasi di hadapan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) se-Lobar, para camat serta lurah dan kepala desa Sekecamatan Gerung ini dilakukan di Aula Kantor Bupati Lobar, Rabu, (25/11).

Acara yang merupakan program Inspektorat Lobar ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam tata kelola organisasi, meningkatkan kemampuan dalam SPIP, meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan penguatan manajemen resiko.

Dalam sambutannya, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada keluarga besar Inspektorat Lobar yang telah berinisiatif mengadakan program Gardu Mente. Bupati mengatakan, berhasil tidaknya dari kegiatan ini tidak hanya diserahkan kepada Inspektorat melainkan tergantung juga kepada obyek yang diaudit dan dibina seperti OPD, sekolah, desa dan kecamatan.

“ Enam tahun terakhir kita sudah mendapatkan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan mendapatkan apresiasi dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia. Perlu digarisbawahi mendapatkan WTP bagi kita semua bukan lagi menjadi kebanggaan tapi kewajiban. Sama hal dengan program Gardu Mente Inspektorat sekarang, kalau ini berhasil dalam 3 tahun berturut- turut itu masih berupa kebanggaan, tetapi kalau sudah 5 kali maka itu menjadi kewajiban,”ungkapnya.

Fauzan juga mengharapkan setelah Gardu Mente ini berhasil temuan tidak hanya menjadi nol temuan tetapi program itu diharapkan bermanfaat bagi masyarakat.

Inspektur Inspektorat Lobar H. Ilham mengatakan, dengan dicetuskan program Gardu Mente ini diharapkan ke depannya bisa mengurangi temuan-temuan baik yang bersifat administratif maupun kerugian.

“Dengan adanya ini pengauditan baik yang dilakukan oleh BPK, BPKP, Inspektorat Provinsi maupaun Kabupaten secara berangsur-angsur bergerak menuju kepada nol temuan dan terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik, bersih serta melayani,” ujar Ilham.

Dikatakan Ilham, ada 4 program utama di Gardu Mente ini yaitu Program APIP nyambang OPD, APIP Ngayo Desa, APIP Jango Sekolah dan bilik konsultasi. (Budi-ProKopi Lobar)

sumber : Humas dan Protokol Kabupaten Lombok Barat

Sambutan