PENINGKATAN LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT MELALUI SOSIALISASI PROSEDUR LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT

Foto untuk : PENINGKATAN LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT MELALUI SOSIALISASI PROSEDUR LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT
Share

Pengaduan masyarakat merupakan salah satu bentuk kontrol atau pengawasan yang dilakukan masyarakat dalam upaya mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik. Pengaduan masyarakat berguna bagi pimpinan untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja organisasi yang dipimpinnya dalam pelaksanaan pelayanan publik.

Salah satu bentuk layanan dari Inspektorat Kabupaten Lombok Barat yaitu layanan pengaduan masyarakat, yang merupakan wadah / sarana bagi masyarakat untuk menyampaikan sumbangan pikiran, suara, gagasan, pengaduan, yang bersifat membangun kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Barat untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan aparat pemerintah yang bersih.

Dari gambaran di atas, Inspektorat Kabupaten Lombok Barat melaksanakan sosialisasi prosedur layanan pengaduan masyarakat, yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 03 s/d 04 Desember 2019, bertempat di Aula Kantor Camat Lembar  dan Aula UPTD Dikbud Gerung. Peserta sosialisasi pada hari pertama dihadiri oleh Kepala Desa, Bendahara, Sekretaris Desa Se-Kecamatan Lembar dan sosialisasi hari kedua dihadiri oleh Kepala Sekolah, Bendahara, dan Operator Sekolah dari SD Negeri dan SMP Negeri Se-Kecamatan Gerung.

Maksud dari pelaksanaan sosialisasi ini adalah memberikan pengetahuan tentang jenis pengaduan dan syarat yang harus dipenuhi masyarakat agar pengaduan dapat diterima oleh Inspektorat Kabupaten Lombok Barat. Selain itu, sosialisasi juga menjelaskan tentang tata cara melakukan pengaduan serta mekanisme penanganan pengaduan masyarakat di Inspektorat Kabupaten Lombok Barat.

Sosialisasi ini juga memberikan pengetahuan tentang tata cara melakukan pengaduan secara online. Dimana untuk melakukan pengaduan secara online, masyarakat dapat membuka Website Inspektorat Kabupaten Lombok Barat (http://inspektorat.lombokbaratkab.go.id/) dan memilih menu Pengaduan Masyarakat. Pada halaman tersebut masyarakat dapat mengunduh Formulir Pengaduan Masyarakat, kemudian mengisi formulir tersebut dengan lengkap dan selanjutnya dapat mengirimkan pengaduan ke email Inspektorat Kabupaten Lombok Barat di inspektoratkablobar@gmail.com/

Sambutan